Categories
Uncategorized

Mesin Bubut

Mengenal Seputar Mesin Bubut dan Cara Untuk Memperbaikinya. Mesin bubut adalah salah satu dari jenis mesin biasa digunakan di bidang industri. Dikarenakan sangat begitu pentingnya akan mesin tersebut maka jika terjadi sebuah kerusakan maka Anda segera harus memperbaikinya. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka tentunya pasti akan sangat menggangu produksi dari usaha Anda.

 

Pengertian Mesin Bubut

 

Bubut itu sendiri merupakan sebuah proses pemotongan suatu benda yang mana sayatan benda bisa dilakukan dengan cara memutar. Setelah itu dikenakan di pahat yang akan digerakkan dengan translasi sejajar dengan sebuah sumbu putar dari suatu benda kerja. Misalnya ingin memotong kayu maka Anda bias menggunakan mesin bubut kayu.

 

Pengertian lainnya tentang mesin bubut yaitu salah satu dari jenis dari mesin yang bisa digunakan untuk sebuah proses pemotongan benda. Kerja yang akan dilakukan yaitu dengan membuat sebuah sayatan di benda kerja. Yang mana pahat akan digerakkan dengan translasi serta sejajar.

 

Mesin bubut ini merupakan suatu mesin perkakas yang mempunyai populasi yang terbesar yang di dunia ini jika dibandingkan dengan mesin perkakas yang lainnya. Seperti halnya mesin freis dan drill, sekrap serta juga mesin perkakas yang lainnya.

 

Fungsi Mesin Bubut

 

  1. Tailstockyaitu untuk memegang ataupun menyangga sebuah benda kerja di bagian ujung. Berseberangan dengan sebuah pencekam di proses pemesinan yang ada di mesin bubut.
  2. Lead crewmerupakan poros panjang yang berulir, terletak sedikit dibawah serta sejajar dengan bangku.
  3. Feedrodini terlihat terletak pada bagian bawah sebuah ulir pengarah. Berfungsi untuk bisa menyalurkan sebuah daya yang berada di kotak pengubah cepat.
  4. Carriageini terdiri dari sebuah tempat eretan dan dudukan pahat serta apron. Konstruksinya diketahui sangat kuat karena harus bias menyangga serta mengarahkan pahat untuk pemotong.
  5. Toolpostini biasa digunakan sebagai sebuah tempat untuk dudukan dari sebuah pahat bubut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pemegang pahat.
  6. Headstockmerupakan  sebuah tempat terletaknya transmisi gerak yang terdapat di mesin bubut. Hal ini yang akan mengatur sebuah putaran yang mana nantinya sangat dibutuhkan pada proses pembubutan.

Prinsip Kerja atau Cara Kerja

 

Untuk prinsip kerja dari sebuah mesin bubut ini yaitu untuk menghilangan bagian dari suatu benda yang mana nantinya bisa memperoleh sebuah bentuk tertentu. Dimana benda kerja akan diputar dengan sebuah kecepatan tertentu secara bersamaan. Hal itu dilakukannya suatu proses dari pemakanan oleh pahat yang telah digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sebuah sumbu putar di benda kerja.

 

Gerakan putar dari sebuah benda kerja ini disebut juga dengan gerak potong relatif serta juga gerakan translasi yang berasal dari pahat disebut juga dengan gerak makan atau feeding. Gerakan ini bias Anda temukan pada salah satu mesin bubut yaitu mesin bubut besi.

 

Bagian-Bagian Mesin Bubut

Kepala Lepas

Kepala lepas biasa disebut juga dengan tail stock. Kepala lepas ini merupakan sebuah center kedua yang ada di mesin bubut yang terletak di sebelah kanan serta bisa digeser sepanjang dari meja atau alas mesin. Kepala lepas ini diketahui mempunyai sebuah tinggi center yang biasa sama dengan sebuah center kepala tetap.

Alas Mesin

Untuk bagian dari mesin bubut yang satu ini yaitu merupakan sebuah bagian yang mempunyai suatu fungsi sebagai lintasan. Penyangga eretan atau support serta kepala lepas. Selama proses untuk pembubutan tersebut berlangsung maka terjadi sebuah pergerakan eretan ataupun pergerakan kepala lepas. Nanti akan terlihat melintas langsung di sebuah meja atau alas tersebut.

Eretan

Untuk eretan merupakan salah satu jenis dari mesin bubut yang mana fungsinya sebagai dudukan. Eretan ini sekaligus juga sebagai sebuah penghantar suatu alat potong ataupun pahat. Bergeraknya bisa kearah membujur ataupun melintang. Kondisi dari eretan ini sangat mempengaruhi kualitas dari hasil pemotongan yang dilakukan pahat ataupun akurasi dari ukuran suatu benda kerja.

Jenis-Jenis Mesin Bubut

  1. Mesin Bubut Universal
  2. Mesin Bubut Khusus
  3. Mesin Bubut Konvensional
  4. Mesin Bubut dengan Menggunakan Komputer

 

Cara Memperbaiki Mesin Bubut yang Rusak

 

Kerusakan bias saja terjadi pada mesin bubut besar atau yang lainnya. Untuk bias mencegah terjadinya sebuah kerusakan akan mesin bubut maka Anda memang harus bisa melakukan berbagai perawatan yang baik. Untuk bisa merawat sebuah mesin bubut ini, yaitu :

 

  • Janganlah Anda tempatkan sebuah mesin bubut secara langsung berada di bawah sinar matahari.Pastikan ketika Anda menempetkan sebuah mesin bubut tersebut bisa terhindar dari paparan sinar matahari yang secara langsung. Hal ini karena akan bisa mengakibatkan terjadinya sebuah kerusakan.

 

  • Setelah Anda gunakan, maka bersihkan terlebih dahulu berbagai sisa bahan yang terlihat masih menempel. Karena dengan adanya menempelnya berbagai sisa bahan tersebut maka lama kelamaan akan mengakibatkan sebuah permasalahan kerusakan.

 

  • Mesin bubut ini sangat mengandalkan oli sebagai sebuah pelumas mesin untuk bisa menjaga supaya mesin tersebut tetap bisa bekerja secara optimal. Oleh karena itu maka lakukan sebuah pengecekan secara rutin untuk kondisi oli yang ada di dalam dari mesin bubut tersebut.

 

Berikut ini ada beberapa cara memperbaiki mesin bubut yang telah mengalami kerusakan dan penyebab dari kerusakan tersebut.

  • Sumber Tenaga Rendah

Harus Anda ketahui kalau mesin bubut itu sangat membutuhkan sebuah tenaga yang cukup besar untuk bisa  menggerakkan dari motor tersebut. Oleh karena itulah apabila dari tenaga tersebut mulai rendah maka akan membuat sebuah mesin bubut tidak mau untuk bergerak.

  • Periksa Tegangan Listrik

Anda juga harus memeeriksa akan teganagna listrik yang akan masuk. Karena apabila telah terjadi sebuah perbedaan maka hal tersebut akan membuat motor cepat terasa  panas. Apabila hal ini telah terjadi terus menerus pasti tentunya bisa mengakibatkan kerusakan di komponen itu sendiri.

  • Kerusakan Rem dan Coil

Perlu juga Anda ketahui kalau di dalam sebuah mesin bubut itu tentunya akan banyak sekali berbagai komponenya. Masing – masing dari komponen itu akan saling bereratan supaya bisa untuk membuat sebuah mesin bubut tersebut berjalan dengan normal. Namun apabila telah terdapat bagian yang telah rusak terutama pada rem serta coil maka hal tersebut pastinya akan membuat sebuah mesin bubut tersebut pasti tidak akan bisa berjalan.

 

Untuk bisa memperbaiki sebuah mesin bubut yang telah rusak tersebut sangat  membutuhkan beebagai pengetahuan serta pengalaman yang sangat khusus. Oleh karena itulah apabila Anda tidak mempunyai kemampuan itu sebaiknya Anda serahkan urusan seputar perbaikan mesin bubut tersebut kepada ahlinya.

 

Inilah seputar pengenalan dengan mesin bubut serta cara untuk bisa memperbaiki mesin yang telah rusak. Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang penyebab mesin bubut rusak dan cara memperbaikinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *