Categories
Uncategorized

Inilah Beberapa Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung

Inilah Beberapa Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung – Kegiatan yang paling melelahkan bagi seorang ibu rumah tangga adalah mencuci pakaian. Hal ini diakui banyak ibu di seluruh dunia, karena kegiatan mencuci memang merupakan kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra.

Mulai dari memilih pakaian antara pakaian warna dan pakaian putih. Kemudian merendam pakaian-pakaian tersebut, mengucek atau menyikatnya jika terdapat noda pakaian yang membandel. Lalu membilasnya hingga benar-benar bersih, sampai memerasnya hingga kering. Terakhir, tentu saja pakaian-pakaian tersebut harus dijemur di panas terik matahari.

Semua itu tentu membutuhkan banyak tenaga dan waktu pengerjaan. Namun, untungnya kemajuan teknologi telah menjawab masalah serta menyelesaikan kesulitan yang dirasakan para ibu yaitu dengan hadirnya mesin cuci. Walau pada akhirnya masalah baru lainnya timbul yaitu bagaimana cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung, apabila rusak?

Kehadiran mesin cuci sangat membantu para ibu rumah tangga dalam urusan mencuci pakaian, terlebih saat ini telah hadir mesin cuci dengan dua tabung. Di mana mesin cuci ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pencuci baju, tetapi juga sebagai alat pengering pakaian.

Sehingga, pakaian yang telah dicuci tidak harus dijemur terlalu lama di bawah panas sinar matahari, bahkan bisa dijemur di dalam rumah jika cuaca sedang kurang bersahabat atau hujan.

Lantas, bagaimana cara kerja dari mesin cuci 2 tabung tersebut? Dan bagaimana pula cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung, jika hal tersebut terjadi? Sesuai namanya mesin ini memiliki 2 tabung dengan posisi vertikal. Tabung pertama, bentuknya lebih besar dari tabung kedua, fungsinya  untuk melakukan proses pencucian pakaian sekaligus pembilasan.

Sedang tabung kedua, yang bentuknya lebih kecil dari tabung pertama berfungsi untuk mengeringkan pakaian dari tabung pertama. Dalam tabung pertama terdapat pulsator pada bagian bawah mesin yang bergerak karena adanya motor listrik.

Pulsator ini bergerak sangat kuat dan membuat pusaran air, namun pusaran air yang terjadi dibuat bolak balik, sehingga menimbulkan sentakan seolah-olah pakaian sedang dikucek atau dibilas.

Sedangkan untuk tabung kedua atau tabung pengering, putaran yang dihasilkan bergaya sentrifugal, di mana bisa membuat tekanan cucian pada dinding pengering dan melempar air melalui lubang tabung. Oleh karenanya ketika mesin rusak, maka perlu cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung tersebut dengan teknik khusus.

Pada dasarnya kerusakan pada mesin cuci 2 tabung ada beberapa macam, diantara  masalah kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci antara lain mesin cuci bocor, mesin cuci rusak dibagian pencucinya dan tidak berputar hanya berdengung saja di bagian dinamo, mesin cuci macet atau rusak di bagian pengering, mesin cuci mudah nyetrum dan konslet.

Berikut beberapa cara memperbaiki masalah kerusakan mesin cuci yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus memanggil tukang reparasi atau servis mesin cuci. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, mari cari tahu terlebih dahulu penyebab kerusakan mesin cuci 2 tabung.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak 2 Tabung

Beberapa penyebab kerusakan mesin cuci yang umum terjadi adalah lilitan motor listrik terbakar, motor ini bisa terjadi pada bagian pencuci atau pengering. Roda as pemutar pakaian gundul, biasanya ini disebabkan beban pakaian yang terlampau berat. Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena tali penghubung antara roda as dan motor longgar.

Kerusakan pada kapasitor juga umum terjadi, sehingga putaran menjadi lambat bahkan kurang beraturan. Selain itu komponen timer yang kotor atau karatan juga bisa menjadi penyebab rusaknya mesin, yang terakhir kabel penghubung ke stopkontak putus karena gigitan tikus.

Dari beberapa penyebab kerusakan mesin cuci yang umum terjadi, cara memperbaiki mesin cuci rusak 2 tabung, tentunya harus disesuaikan dengan penyebab kerusakannya. Seperti ketika kabel penghubung ke stop kontak putus karena gigitan tikus, maka bekas gigitan tikus harus dipotong, baru kemudian kabel penghubung ke stop kontak disambung lagi.

Ketika roda as pemutar pakaian gundul karena beban pakaian yang terlampau berat, maka yang harus Anda lakukan adalah mengganti roda as lama dengan yang baru, setelah itu batasi pakaian yang hendak dimasukkan ke mesin, imbangi dengan takaran airnya.

Selanjutnya saat  kapasitor rusak, maka segera ganti kapasitor lama dengan yang baru. Jika perlu atur jadwal untuk menggantinya secara berkala, sebelum kerusakan terjadi lagi. Dengan begitu Anda akan mendapati mesin cuci yang selalu tampil prima dan terawat.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor 2 Tabung

Ketika Anda sedang mencuci, kemudian Anda melihat ada tetesan air, bisa jadi mesin cuci Anda mengalami kebocoran. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengganti selang pembuangan dengan selang yang baru.

Setelah itu, pasang dengan baik dan rapat hingga tidak ada lagi air yang keluar dari celah selang tersebut. Selain cara di atas, bisa juga dengan cara memasukkan cuka putih ke cucian dengan ukuran setengah gelas kecil.

Guna cuka putih tersebut adalah untuk mengurangi residu, sehingga tidak ada luapan atau kebocoran lagi. Cara memperbaiki mesin cuci bocor 2 tabung lainnya adalah dengan memperhatikan segel yang ada pada bantalan mesin. Jika harus diganti, maka segeralah diganti. Itulah solusi dalam mengatasi kebocoran pada mesin cuci 2 tabung.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Pengering 2 Tabung  

Penyebab rusaknya mesin cuci pada bagian pengering, biasanya karena ada kabel yang putus, door switch rusak, kapasitor yang juga rusak, dinamo pada pengering terbakar dan pengering yang berbunyi sangat berisik.

Solusi dari permasalahan di atas adalah jika ada kabel yang putus, maka Anda harus menyambungkan kembali kabel tersebut sesuai warnanya. Selanjutnya jika door switch yang rusak, maka bonkar mesin cuci dan bersihkan dengan kertas gosok.

Selanjutnya cara memperbaiki mesin cuci pengering 2 tabung dengan masalah kapasitor yang rusak, maka ganti kapasitor engan kapasitor yang baru, jangan lupa juga untuk menyesuaikan ukuran dan bntuknya persis dengan kapasitor yang lama.

Adapun solusi untuk mengatasi dinamo yang terbakar, Anda perlu membawa dinamo tersebut ke tukang gulung dinamo dan menggantinya dengan yang baru. Perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli dinamo, belilah yang berasal dari kawat aluminium dan bukan yang dari kawat tembaga.

Terakhir jika pengering berisik, maka periksalah apakah ada per bagian penyangga tabung yang sudah lemah, selanjutnya periksa karet sepin bagian as tabung, apakah terlepas atau tidak, terakhir bagian dudukan karet, apakah sudah gundul juga.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Nyetrum 2 Tabung

Penyebab mesin cuci mudah menyetrum, biasanya karena mesin cuci sudah lama dan karatan. Selain itu, adanya induksi listrik pada motor dinamo dan lapisan badan mesin yang sudah mengelupas. Selain itu, seal yang telah rusak juga bisa menjadi penyebab mesin cuci dapat menyetrum.

Sebagai solusinya Anda harus melapisi mesin cuci Anda dengan plastik, agar tidak mudah karatan. Selanjutnya ganti seal yang lama dengan  yang baru.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Konslet 2 Tabung

Salah satu penyebab konsleting adalah tidak adanya grounding di mesin cuci. Apa yang dimaksud grounding? Grounding disebut juga pertanahan. Di mana badan mesin cuci harus berada di bumi.

Hal ini agar mesin tidak terganggu oleh petir dan dapat membuang tegangan induksi yang berasal dari dinamo.

Demikian beberapa cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung, semoga bermanfaat dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah, tentunya tetap perhatikan keamanan ya. Kenali dengan baik bagian-bagian mesinnya dan lakukan dengan hati-hati agar kerusakan tidak bertambah parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *