Categories
Uncategorized

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung – Memperbaiki kerusakan-kerusakan pada mesin cuci 1 tabung bisa jadi lebih sulit daripada memperbaiki kerusakan-kerusakan pada mesin cuci 2 tabung. Hal itu disebabkan karena umumnya mesin cuci 1 tabung merupakan tipe mesin cuci otomatis, yang memiliki modul kontrol jika terjadi kerusakan.

Tak sedikit brand ternama yang memproduksi mesin cuci satu tabung, seperti Samsung, LG, Polytron, Sharp, Sanken, serta merek-merek lain atau merek buatan China yang dijual dengan harga yang lebih rendah.

Jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung, kelebihan mesin cuci satu tabung terletak pada fungsinya yang berjalan secara otomatis (full automathic). Dengan fungsi tersebut, pengguna hanya cukup menekan beberapa tombol setelah semua pakaian kotor dimasukkan ke dalamnya dan menunggu proses pencucian selesai.

Namun, dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung, cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung ini lebih sulit.  Untuk memperbaikinya, pertama sekali Anda harus tahu di bagian proses yang mana mesin cuci Anda tidak mau berkerja atau berputar. Apakah pada bagian ketika mencuci, mengeringkan, atau malah keduanya?

Sebelum mengetahui penyebab-penyebab kerusakan dan cara memperbaikinya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara kerja mesin cuci 1 tabung. Jika Anda seorang teknisi, pertama-tama Anda harus mengetahui penggunaannya sebelum menservice mesin cuci agar Anda tahu di mana letak kerusakannya serta cara kerjanya agar nantinya mesin cuci kembali bekerja dengan benar.

Biasanya, mesin cuci 1 tabung disebut juga dengan top loading atau bukaan atas. Artinya, semua pakaian kotor dimasukkan ke dalam mesin cucu melalui pintu yang berada di atas. Berikut cara kerjanya:

  1. Anda harus memastikan bahwa listrik siap dengan cara mengecek kabel mesin cuci sudah terhubung ke steker.
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dengan maksimal berat yang disarankan. Perhatikan juga bahan pakaian yang tidak dapat dimasukkan ke mesin cuci berdasarkan buku panduan.
  3. Kebutuhan air pada mesin cuci satu tabung diatur oleh selenoid valve (klep otomatis) pada mesin cuci sehingga Anda harus memastikan bahwa keran air sudah terbuka.
  4. Tekan tombol power pada mesin. Secara umum, jika tombol power ditekan akan menghasilkan mode default pada mesin cuci. Selanjutnya, Anda bisa langsung menekan tombol start dan mesin cuci akan beroperasi secara otomatis.
  5. Setelah Anda menekan tombol start, mesin cuci kemudian menakar banyaknya pakaian untuk disesuaikan dengan jumlah air yang dibutuhkan saat mencuci.
  6. Proses mencuci berjalan secara otomatis dalam wakru yang telah ditentukan dan akan segera membuang air (proses drain) secara otomatis setelah proses cuci selesai.
  7. Setelah air dibuang semua, mesin cuci akan melakukan proses spin sejenak untuk mengeringkan air. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa sabun pada pakaian.
  8. Modul memerintahkan klep otomatis untuk mengisi air kembali untuk proses pembilasan pakaian. Jika proses bilas selesai, air akan dibuang kembali secara otomatis.
  9. Terakhir adalah proses spin untuk mengeringkan pakaian hingga 80 persen kering. Proses spin ini lebih lama daripada proses spin saat menghilangkan sisa sabun.

Setelah mengetahui cara kerja mesin cuci, berikutnya Anda juga harus mengetahui penyebab kerusakan mesin cuci, baik itu pada mesin cuci front loading maupun mesin cuci top loading. Hal tersebut penting agar Anda mengetahui cara memperbaiki mesin cuci rusak 1 tabung.

Terdapat 5 penyebab kerusakan mesin cuci baik front loading maupun front loading, yaitu:

  1. Tidak membuka pintu ketika proses pengisian air

Membuka pintu mesin cuci saat mengisi air ternyata memiliki manfaat, di antaranya yaitu mencegah pertumbuhan jamur akibat suhu lembab saat mengisi air dengan pintu tertutup. Hal ini tentunya untuk mesin cuci top loading.

  1. Tidak pernah membersihkan filter (saringan air)

Pada interior mesin cuci terdapat saringan air atau yang biasa disebut filter yang berfungsi sebagai penyaring sisa noda dan kotoran setelah selesai proses pencucian. Cara membersihkannya cukup mudah. Anda cuku menarik saringan air keluar dan menyikat lalu membilasnya.

Jika saringan airnya bersih, maka mesin cuci bisa bekerja dengan maksimal dalam mencuci pakaian Anda.

  1. Tidak membersihkan mesin cuci dengan air panas

Kerja mesin bisa menjadi berat dan menumpuk akibat jamur yang tumbuh dari sisa-sisa deterjen yang menempel pada interior mesin cuci. Maka, Anda harus membersihkannya dengan air panas minimal seminggu sekali untuk membunuh kotoran dan kuman.

  1. Lupa membersihkan kotak deterjen

Terdapat kotak deterjen pakaian di dalam mesin cuci yang bisa dibuka juga ditutup. Wadah tersebut akan tersumbat dan tidak dapat berfungsi atau beroperasi dengan baik jika tidak dibersihkan secara teratur.

Anda harus membersihkan dengan menggunakan air hangat untuk membuang detergen yang lengket secara cepat dan efektif.

  1. Mengisi tabung terlalu penuh

Salah satu penyebab kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci adalah karena mengisinya dengan pakaian yang terlalu banyak hingga tabung terisi penuh. Hal ini membuat mesin cuci bekerja lebih berarti melebihi kapasitasnya. Hal tersebut menimbulkan kerusakan jangka panjang pada mesin serta tidak akan dapat bekerja maksimal dalam membersihkan pakaian.

Agar mesin bekerja lebih ringan dan maksimal, berilah ruang kosong sebanyak 25 persen pada mesin.

Setelah mengetahui penyebab kerusakan pada mesin cuci, barulah Anda dapat memperbaikinya. Simak ulasan berikut mengenai cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung.

  1. Periksa karet vanbelt

Umumnya, penyebab mesin cuci tidak mau berputar atau putarannya lemah disebabkan oleh karet vanbelt yang sudah longgar dan usang. Jika memang karetnya longgar, Anda bisa menyetel ulang dengan menggeser dinamo.

Namun, jika karet terlalu longgar, sebaiknya ganti dengan yang baru. Perlu diingat bahwa jangan memasang karet terlalu kencang. Sebab, hal itu dapat membuat geabox rusak.

  1. Perhatikan timer mesin

Salah satu tanda timer mesin cuci rusak adalah mesin berputar ke satu arah saja atau tidak berputar sama sekali. Putusnya kabel bisa menjadi sebab rusaknya timer. Maka Anda harus memeriksa apakah ada kabel yang lepas atau terputus pada switch selector yang ada pada mesin cuci.

  1. Periksa As

As merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam mesin cuci. As yang macet dapat menyebabkan mesin cuci tidak mau berputar. Umunya, kerusakan mesin cuci terdapat pada dinamonya, misalnya dinamo kotor dan tersumbat.

Jika mesin cuci rusak akibat hal tersebut, bersihkanlah dinamo. Jika setelah dinamo bersih mesin cuci masih tidak mau berputar, mungkin ada kapasitor yang putus dan harus disambung.

Selain kerusakan di atas, ada pula mesin cuci yang tidak dapat mengeluarkan air. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu memeriksa selang air. Kemungkinan ada yang tersumbat di dalamnya.

Sebenarnya, ada berbagai hal yang menyebabkan rusaknya mesin cuci atau mesin cuci tidak mau berputar. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya dan cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung agar mesin cuci bisa berfungsi kembali dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *